Wednesday 12 October 2011

Lebih Indah dengan Lampu Sorot

Seiring dengan semakin berkembangnya seni mendesain rumah, beberapa alat rumah tangga mengalami penambahan fungsi. Salah satu contohnya adalah lampu. Lampu biasanya digunakan sebagai alat penerang rumah. Namun, beberapa waktu belakangan, lampu banyak difungsikan sebagai elemen pelengkap dekorasi di rumah. Saat ini telah banyak jenis dan bentuk lampu untuk estetika rumah.

Salah satunya adalah lampu sorot (floodlights) yang digunakan di luar rumah. Lampu ini berguna untuk menyinari pilar di teras rumah. Umumnya lampu jenis ini digunakan untuk membangun kesan romantis dan membuat hunian lebih semarak dan berkilau.

“Lampu sorot adalah lampu intensitas tinggi yang jika digunakan dapat bertahan untuk jangka waktu panjang,” kata Melissa Davidson dari The Lighting Warehouse.

The Lighting Warehouse adalah toko peritel penjual aneka jenis lampu yang berbasis di Johannesburg, Afrika Selatan.

“Memasang lampu sorot di luar rumah adalah sebuah pengembangan properti yang mudah dan berbiaya murah sehingga akan memberikan nuansa eksterior rumah menjadi lebih indah, meningkatkan fungsionalitas, dan memberikan rasa aman pada malam hari,” katanya seperti dikutip dari laman Property24.

Saat ini banyak jenis lampu sorot yang tersedia dalam berbagai gaya, ukuran, dan intensitas untuk membantu menghilangkan suasana gelap di sekeliling bagian luar rumah. Salah satunya adalah lampu sorot CFL (compact fluorescent lamp). Lampu jenis ini merupakan alat penerangan yang ramah lingkungan dan tidak membuat saku Anda bolong.

“Apakah Anda tahu bahwa menggunakan lampu pijar halogen 500 watt akan menggunakan setengah kilowatt setiap jamnya. Ini adalah pemasok energi yang besar. Dari semua alat kelengkapan penerangan di rumah, lampu tersebut adalah pilihan yang buruk. Menggantinya dengan lampu sorot CFL merupakan langkah yang sangat bijaksana,” kata Davidson.

Dia menganjurkan Anda melakukan gerakan go green saat memasang lampu sorot dengan mengganti bola lampu pijar halogen (yang 500 watt atau 300 watt) dengan pilihan yang lebih hemat energi.Anda dapat menggunakan lampu sorot CFL 24 watt dua tuas, kekuatannya setara dengan lampu pijar 150 watt.

Penggunaan CFL akan menghemat listrik dan membantu mengurangi tagihan, serta memperkecil pengeluaran Anda pada biaya pemeliharaan karena bohlam jenis ini bertahan lebih lama.

Anda juga bisa mengubah lampu pijar halogen 150 watt dengan lampu sorot CFL 9 watt dua tuas, yang sama dengan lampu pijar 50 watt. Atau, Anda dapat mengganti lampu sorot seluruhnya (baik fitting dan bohlam). Jenis lain lampu sorot adalah yang bertekanan tinggi .

No comments:

Post a Comment